Beragam Manfaat Madu Pahit

manfaat madu pahit
Siapa yang tak mengenal madu? Cairan yang dihasikan lebah ini bersumber dari nectar bunga-bunga yang sedikit demi sedikit dikumpulkan oleh lebah di dalam sarangnya yang berbentuk kepingan heksagonal. Madu telah lama dikenal memiliki efek penyembuh juga pemelihara. Nenek moyang kita malah lebih jauh dengan menggunakan madu sebagai bahan kuliner mereka setiap harinya. Anda pernah mencicipi madu? Manis, rasa itulah yang selama ini dianggap mewakili rasa madu secara umum. Tapi tunggu dulu, sesungguhnya, kini ada berbagai macam varian madu. Tak hanya bercita rasa manis, kini madu dengan sensasi pahit pun juga ada. Madu jenis ini memang masih jarang ditemui di pasaran. Tapi, berkat manfaat madu pahit tersebut, kini masyarakat perlahan melirik jenis madu ini sebagai sumber kesembuhan. Apa saja manfaat madu yang tak bersahabat dengan lidah ini? Simak uraian kami berikut ini.


Mengapa Rasanya Pahit?

Sebelum membahas lebih jauh manfaat madu pahit, tak ada salahnya jika kita menjawab pertanyaan yang pasti sedang berkeliaran di kepala Anda. Kenapa rasanya pahit? jawabannya sebab madu hitam ini dihasilkan dari lebah (jenis Apis Mellifera) yang gemar menghisap nectar atau sari bunga tumbuhan yang memang pahit. Sebut saja bunga kopi, kamboja, mahoni, pelawan dan masih banyak lagi lainnya. Rasa pahit dari madu ini bersumber dari zat alkaloid yang terkandung di dalamnya. Kabarnya zat ini memiliki kemampuan mempercepat kesembuhan bagi seseorang. Karena itu, jangan heran jika selepas seseorang sakit, ia akan disodorkan madu pahit.

Beragam Manfaat Madu Pahit

Sama seperti madu dengan rasa manis, madu pahit juga memiliki sejumlah manfaat terutama bagi kesehatan manusia. Jika dihitung, sedikitnya ada dua puluh lima manfaat madu pahit ini, antara lain:
  1. Membantu meringankan penyakit diabetes mellitus.
  2. Mengobati lemah syahwat pada pria.
  3. Membantu merungankan maag utamanya yang krnonis.
  4. Membantu melenyapkan sel kanker maupun tumor.
  5. Mempercepat penyembuhan pilek, demam, polip, astma dan juga panas dalam.
  6. Menambah stamina serta membangun imunitas tubuh Anda.
  7. Membantu menurunkan kolesterol sehingga sangat baik menghindarkan Anda dari stroke.
  8. Mengobati penyakit darah tinggi pun darah rendah.
  9. Mengobati penyakit asam urat.
  10. Mengobati gangguan ginjal.
  11. Membuat tidur Anda jauh lebih berkualitas.
  12. Mendetox tubuh dari berbagai racun.
  13. Manfaat madu pahit lainnya adalah membantu diet secara alamiah.
  14. Dan masih banyak lagi lainnya.