Mengenal Beragam Jenis Madu

Apa yang terlintas di benak Anda jika mendengar kata “madu”? Kuning, oranye, manis, cair, kental, lebah, enak dan sederet kata lainnya boleh jadi hal yang Anda pikirkan. Jika didasarkan pada panca indera, madu memang terlihat sama, dari warna dan cita rasa. Karena itu, wajar jika banyak orang yang tidak mengetahui jenis-jenis madu. Pada dasarnya, terdapat berbagai varian madu yang dibagi dengan dasar tertentu. Misalkan dari warna, pola hidup sang lebah dan juga kandungan madu itu sendiri. Pada kesempatan ini, Anda akan kami suguhi beragam jenis madu. Apa saja? Silahkan simak uraian berikut ini.


Madu Liar Madu Penangkaran

Sebenarnya tak ada standar baku terkait pembagian jenis-jenis madu. Biasanya pembagian ini hanya untuk memperkaya pengetahuan seseorang mengenai kualitas madu itu sendiri. Jika dikelompokkan secara umum, madu terbagi atas dua jenis yakni:
  1. Madu Liar. Madu jenis ini diperoleh dari lebah-lebah yang hidup secara liar. Lebah-lebah ini biasanya hidup di hutan, dengan demikian sari bunga maupun getah pohon yang dihisap sang lebah pekerja cukup beragam. Hal ini kemudian yang menjadikan kualitas madu liar ini jauh lebih baik sebab senyawa yang terkandung di dalamnya jauh lebih kompleks. Dengan demikian, banyak yang berpendapat khasiat madu jenis ini jauh lebih kuat. Sayangnya, madu liar ini susah diperoleh. Keterbatasan ini menjadikan harganya sedikit lebih mahal.
  2. Madu penangkaran. Madu jenis ini dihasilkan dari lebah yang dibudidayakan oleh manusia. Nektar madu ini diperoleh dari jenis bunga yang terbatas jika dibandingkan dengan madu liar. Karena itu, senyawa yang terkandung di dalamnya juga tidak sekompleks madu liar. Meskipun demikian, madu jenis ini tetap menawarkan manfaat penyembuh dan pemelihara bagi manusia. Madu dari penangkaran ini cukup mudah dijumpai dalam beragam merk. Harganya juga jauh lebih terjangkau.

Apabila didasarkan dari jenis bunga tempat lebah pekerja menghisap nektar, maka jenis-jenis madu sedikitnya sebagai berikut:
  1. Madu Bunga Karet
  2. Madu Bunga Kapuk (Randu)
  3. Madu Bunga Lengkeng
  4. Madu Bunga Kaliandra
  5. Madu Bunga Jambu Mede
  6. Madu Bunga Sonokeling
  7. Madu Bunga Kopi
  8. Madu Bunga Jambu air
  9. Madu Bunga Durian
  10. Madu Bunga Apel
  11. Madu Bunga Mangga
  12. Madu Bunga Rambutan
  13. Madu Bunga Mahoni
  14. Madu bunga cengkeh
  15. dll

5 Jenis Madu Terbaik Dunia

Terdapat beragam pembagian jenis madu. Anda tak harus mengetahui semuanya kok. Tetapi, sebagai pengetahuan dasar mengenai madu, Anda wajib mengetahui jenis madu yang dianggap terbaik di seluruh dunia. Madu super ini antara lain:
  1. Beach Honeydew. Jenis madu yang satu ini berasal dari New Zeland, Negara yang dikenal dengan kualitas alamnya yang masih terjaga. Di sana, tumbuh pepohonan beech merah pun hitam. Pada pepohonan ini hidup kumbang yang menghasilkan suatu zat yang kaya akan gula alami. Gula ini dikenal dengan nama Honeydew. Selanjutnya, honeydew ini dihisap oleh lebah yang selanjutnya akan bertransformasi menjadi madu dengan kualitas terbaik. Madu ini kemudian dikenal dengan nama Beech Honeydew. Kabarnya, madu jenis ini memiliki kekentalan yang jauh lebih pekat dan warnanya juga cenderung gelap. Ia mengandung lebih banyak mineral dan senyawa penting lainnya.
  2. Madu Bunga Heather. Jenis madu yang satu ini dihasilkan dari nektar bunga heather di Skotlandia. Lebah pekerja di Skotlandia ini kabarnya memiliki sarang madu yang lebih tebal, rasa yang lebih manis serta menyisakan sensasi luber di mulut saat dikunyah. Madu istimewa ini bisa dijumpai dengan mudah di Skotlandia, tapi tidak di belahan dunia lainnya.
  3. Madu Hymettus. Madu ini banyak dijumpai di Athena Yunani tepatnya di Gunung bernama Hymettus. Kabarnya, madu telah dinobatkan sebagai madu terbaik dunia sejak 300 tahun yang lalu. Gunung Hymettus sendiri merupakan habitat bagi lebah yang hanya menghisap 1 jenis bunga saja, yakni bunga Thyme. Madu yang dihasilkan dari bunga ini dikenal memiliki cita rasa yang nikmat dan sangat digemari oleh masyarakat Yunani.
  4. Manuka. Jenis madu yang satu ini kabarnya sangat ampuh menanggulangi luka di kulit. Ia berasal dari bunga semak-semak bernama Manuka. Sama seperti manu Beech Honeydew, madu Manuka ini juga berasal dari Selandia Baru. Warnanya juga cenderung gelap, akan tetapi rasanya legit dan manis. Manfaat madu Manuka ini disaksikan banyak orang. Mereka merasa hidup lebih berkualitas dengan mengkonsumsi madu manuka dengan rutin.
  5. Madu Sidr. Madu yang satu ini dikenal dengan harganya yang cukup mahal. Hal ini disebabkan stoknya yang memang terbatas. Ia bersumber dari gunung Hadramaut, Yaman. Madu jenis ini konon telah ditemukan sejak 7000 tahun yang lalu. Lebah menghasilkan madu ini dari nektar bunga pohon Sidr.

Pada dasarnya ada banyak jenis madu lainnya di dunia ini. Masing-masing madu memiliki keunikannya tersendiri, baik itu dari segi warna pun cita rasa. Tapi apapun jenis madunya, bisa dipastikan akan selalu ada kebaikan alam yang bisa Anda peroleh jika dikonsumsi dengan rutin. Selamat berburu madu ya!