1001 Manfaat Bee Pollen Bagi Kesehatan

Manfaat Bee Pollen
Bee Pollen, atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut dengan serbuk sari telah digunakan sebagai salah satu suplemen dan bahan obat sejak zaman kuno. Ketika lebah madu menghisap madu dari bunga, bee pollen tersangkut pada kaki si lebah yang dipenuhi dengan bulu-bulu kecil. Bee pollen ini kemudian turut disimpan dalam sarang lebah bersama dengan madu. Siapa sangka, produk sampingan dari lebah madu ini ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia.

Berikut ini beberapa manfaat bee pollen bagi kesehatan :

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Bee pollen memperkuat sistem kekebalan tubuh karena mengandung Vitamin B Kompleks dalam jumlah yang cukup besar. Selain itu bee pollen juga mengandung beragam mineral, protein, cartenoids, bioflavonoid dan yang paling penting antioksidan. Anti oksidan memiliki fungsi utama sebagai  anti radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel. Bee pollen juga efektif melawan radiasi dan polusi di atmosfer serta menjadi pencegah melawan kanker.



2. Mengurangi Gejala Alergi

Bee pollen bekerja dengan baik untuk membantu mengurangi gejala alergi. Efek ini akan bekerja sangat baik apabila bee pollen yang digunakan diproduksi secara lokal (berasal dari daerah di tempat tinggal kita).

3. Mampu Mengurangi Tingkat Stress

Karena mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan, salah satu manfaat bee pollen adalah menyediakan nutrisi yang seimbang, sehingga tubuh mampu mengatur suasana hati dan membuatnya lebih mudah untuk berurusan dengan tekanan hidup setiap harinya.

4. Sumber Energi yang Baik dan Mengembalikan Stamina

Bee pollen dipercaya mampu meningkatkan energi, kekuatan dan stamina. Banyak atlet yang menggunakan bee pollen sebelum bertanding yang menyatakan bahwa bee pollen mampu meningkatkan kecepatan, kelincahan dan memberi mereka energi untuk dapat melakukan pemulihan secara cepat selepas latihan atau setelah pertandingan.

5. Memiliki Efek Anti Aging

Bangsa Mesir dan Cina kuno telah mengetahui manfaat bee pollen sebagai sumber untuk memelihara keremajaan. Saat ini, bee pollen masih disebut-sebut memiliki manfaat yang signifikan terhadap anti-penuaan. Tidak hanya keremajaan secara fisik, bee pollen juga mampu meningkatkan konsentrasi, memori, kapasitas mental, dan kesejahteraan secara keseluruhan.