Sudah Tahu Apa Itu Madu Hitam?

Madu selama ini identik dengan warna kuning keemasan cenderung ke oranye. Kedua gradasi warna tersebut memang dianggap sebagai warna yang lekat pada madu. Padahal faktanya, terdapat ragam warna madu. Salah satunya yang mungkin kurang diketahui masyarakat awam adalah madu hitam. Iya, madu dengan warna hitam. Bagi sebagian orang yang kurang paham, pasti akan menuduh madu hitam adalah salah satu jenis madu palsu atau sintetis. Kekeliruan tersebut harus diluruskan. Sama seperti madu dengan warna kuning dan oranye keemasan, madu dengan warna gelap ini juga murni kebaikan dari alam. Hanya saja, ada beberapa faktor yang menjadikannya berwarna hitam ketimbang warna lainnya.

Madu Dengan Rasa Pahit


Selain warna madu yang cenderung lebih gelap, karakteristik madu jenis yang satu ini juga bisa dilihat dari rasanya. Jika pada umumnya madu memiliki rasa manis sedikit asam, maka madu hitam ini cenderung pahit. Warna dan rasa ini terkait erat dengan sumber nektar yang dihisap oleh sang lebah pekerja. Kabarnya, madu unik ini dihasilkan dari bunga-bunga pepohonan mahoni, cengkeh, kopi, kamboja, pelawan dan masih banyak lagi lainnya. Umumnya tumbuhan tersbeut mengandung senyawa alkaloid yang memang menyumbang sensasi rasa pahit. Senyawa alkaloid ini kemudian ikut dalam nektar yang dihisap lebah dan menjadikan madunya terasa pahit.


Varian Madu Hitam

Sama seperti madu biasa, jenis madu hitam ini juga terdiri dari beberapa varian. Ada yang original dan ada juga yang telah diracik dengan bahan lainnya. Jenis yang kedua ini lazim dikenal dengan istilah madu hitam herbal. Namun, harus dipahami, bahwa jenis madu hitam herbal ini sebenarnya merupakan madu biasa yang dicampur dengan beberapa rempah. Campuran bahan tambahan tersebutlah yang kemudian menjadikan warna madu berubah menjadi lebih gelap. Madu hitam herbal ini kabarnya memiliki khasiat yang lebih kompleks sebab mengandung senyawa tambahan yang melengkapi kandungan senyawa pada madu. Berdasarkan klaim produsen, madu hitam herbal ini sangat ampuh mengobati diabetel mellitus, lemah syahwat, mengobati luka, sebagai penyokong energi dan masih banyak lagi lainnya.

Adapun madu hitam yang murni dari alam juga memiliki sejumlah khasiat yang kurang lebih sama dengan madu pada umumnya. Hanya saja, oleh karena rasanya yang sedikit sepat, madu ini diklaim jauh lebih aman bagi mereka yang menderita penyakit diabetes akut dan juga lebih ampuh menurunkan berat badan seseorang. Madu hitam ini dijual bebas di pasaran dengan harga yang bervariasi. Selamat berburu ya!