Mengenal 1001 Manfaat Madu

Manfaat Madu
Memang tidak dapat kita sangkal lagi bahwa madu merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung sangat banyak manfaat. Penelitian tentang manfaat madu telah banyak dilakukan, salah satunya adalah yang dillakukan oleh sekelompok ilmuwan Swiss yang terdiri atas Stefan Bogdanov, Tomislav Jurendic, Robert Sieber and Peter Gallmann. Hasil penelitian yang dilakukan oleh kelompok ini diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition berjudul "Honey for Nutrition and Health: A Review" . Dalam jurnal ini dinyatakan bahwa madu alami memiliki kandungan gizi yang luar biasa sehingga sangat bermanfaat tidak hanya bagi tubuh manusia tetapi juga baik secara psikologis. Tidak heran jika madu sering kali digunakan sebagai salah satu bahan obat untuk mengobati beragam penyakit.

Komposisi Madu Alami

Sembilan puluh lima persen dari berat madu alami terdiri dari sejumlah besar bahan-bahan gizi yang meliputi karbohidrat (monosakarida seperti fruktosa dan glukosa, serta 25 jenis oligosacharides), organic acid, protein (enzim dan asam amino), vitamin, mineral, polifenol dan aroma senyawa. Jumlah ini sangat bervariasi tergantung jenis dan asal madu tersebut.


Manfaat Madu Bagi Kesehatan Manusia

Madu alami merupakan zat antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan jamur. Ada banyak bakteri jahat yang mampu dihambat pertumbuhannya, meliputi: Escherichia coli, Haemophilus influenzae, Helicobacter pylori, Mycobacterium tuberculosis, Salmonella cholerae-suis dan Streptococcus pneumoniae. Madu alami juga melindungi tubuh dari oksidasi serta mampu memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh.

Seperti dijelaskan di atas bahwa madu merupakan antimikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri jahat. Karena efek ini, madu mampu mengurangi munculnya plak gigi, mencegah dan mengobati radang gusi, serta memperkuat enamel gigi.

Konsumsi madu secara teratur juga mampu mendorong peertumbuhan bakteri pencernaan yang baik seperti bifidobacteria dan lactobacilli yang menyebabkan efek prebiotik. Selain itu, madu alami juga terbukti secara ilmiah mampu mengurangi tingkat alergi pada seseorang.

Apitherapy

Hampir seluruh metode pengobatan alternative telah mengembangkan madu alami dan produk lebah lainnya untuk mengobati beragam penyakit selama bertahun-tahun. Pengobatan yang menggunakan madu dan produk lebah dalam dunia medis dikenal sebagai apitherapy dan dipercaya mampu memberikan efek penyembuhan lebih dari 500 penyakit.

Manfaat madu telah dibuktikan secara ilmiah sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia dan hampir tidak memiliki efek samping. Karenanya, tidak perlu ragu mengkonsumsi madu setiap hari.