Beragam Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil
Periode kehamilan merupakan momen membahagiakan sekaligus mengkhawatrikan bagi wanita. Bahagia sebab anggota keluarga baru akan segera hadir melengkapi hidup orang tuanya. Dan perasaan bahagia tersebut disertai dengan kecemasan sebab periode hamil memang merupakan masa yang rentan. Ada berbagai hal yang wajib diperhatikan sang ibu demi kesehatan janinnya. Salah satunya adalah asupan nutrisi. Pada dasarnya ada banyak makanan yang dianjurkan para ahli. Satu di antaranya adalah madu. Mengapa? Karena memang manfaat madu untuk ibu hamil cukup kompleks. Apa saja? Silahkan simak uraian berikut ini.

Kandungan senyawa yang ada di dalam madu memang lengkap. Karena itu, wajar jika kemudian aia dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi terlengkap yang disediakan alam. Bagi ibu hamil, madu tak hanya sekedar sumber nutrisi. Dalam hal-hal tertentu, madu bisa membantu sang ibu melewati masa-masa kurang mengenakkan selama masa kehamilan.


Setidaknya ada 14 manfaat madu untuk ibu hamil, antara lain:
  1. Madu mengandung glukosa yang sederhana dan mudah dicerna. Dengan mengkonsumsi madu, sang ibu akan mendapatkan sokongan energi yang diserap tubuh seketika. Madu ini akan menyediakan tenaga extra dan juga ketahanan diri yang jauh lebih besar.
  2. Madu sangat baik mengusir rasa mual yang sering dialami di masa awal kehamila. Mual biasanya sangat mengganggu pola makan sang ibu. Dengan madu, kelihan tersebut bisa ditanggulangi.
  3. Madu menjauhkan ibu dari ancaman penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, batul selsema, kelelahan, anemia dan penyakit lainnya yang biasanya menyerang wanita hamil.
  4. Konsumsi madu akan menambah nafsu makan sang ibu.
  5. Madu mengandung sejumlah senyawa dengan sifat anti-biotik. Dengan demikian, jika ibu mengkonsumsi madu, ia akan terbebas dari serangan mikroba dan penyakit-penyakit yang diakibatkannya.
  6. Madu bisa menjauhkan penyakit Hepatitis B yang rentan dialami bayi.
  7. Senyawa yang terkandung di dalam madu seperti asam folat akan menguatkan janin. Folat juga kabarnya sangat baik dalam hal perkembangan otak janin. Ingin anak Anda pintar, konsumsi madu sejak masa kehamilan, demikian anjuran tetua kita.
  8. Madu bisa mengurangi gejala perut kembung pada bayi saat ia dilahirkan kelak.
  9. Ibu yang rutin mengkonsumsi madu secara umum melahirkan bayi dengan mudah dan lancar. Bayinya pun sehat dan lebih kuat.
  10. Bayi yang dilahirkan kabarnya kulitnya jauh lebih bersih. Hal ini terkait dengan kandungan vitamin C pada madu yang cukup tinggi.
  11. Selepas bersalin, dengan mengkonsumsi campuran madu dengan telur ayam kampung, luka di dalam rahim sang ibu akan sembuh jauh lebih cepat dari biasanya.
  12. Konsumsi madu oleh ibu hamil juga akan membantu menyehatkan pencernaan dan menjauhkan ibu hamil dari sembelit.
  13. Kabarnya, konsumsi madu oleh sang ibu tak hanya menyehatkan fisik janin tetapi juga mentalnya.
  14. Konsumsi madu akan membantu ibu mengendalikan laju berat badannya yang naik selama masa kehamilan.

Demikian manfaat madu untuk ibu hamil. Mengingat madu cukup mudah didapatkan, tak ada salahnya memasukkannya dalam daftar konsumsi wajib selama Anda hamil bukan? Selamat berburu madu ya.