Manfaat Madu Untuk Kesehatan Manusia

Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai bagi manusia. Dengan tubuh yang sehat, manusia bisa menikmati hidup seutuhnya. Kesehatan adalah berkah. Dengan sehat, kita bisa bercengkrama dengan keluarga, menikmati berbagai kuliner nikmat, melakukan perjalanan ke belahan dunia lainnya, melakukan ibadah semaksimal mungkin dan masih banyak lagi hal-hal lainnya. Kesehatan sangat penting, karena itu manusia wajib mengusahakannya. Sebenarnya alam telah menyediakan beragam sumber kesehatan. Salah satunya adalah madu. Bukan rahasia lagi, manfaat madu untuk kesehatan manusia bukanlah isapan jempol. Fakta tersebut dikuatkan oleh sejarah dan juga penelitian ilmiah. Sejak dahulu kala, madu telah dikenal sebagai sumber kesehatan. Hal tersebut tidak jauh berbeda dengan apa yang diyakini masyarakat saat ini.

Jika Anda seorang pengamat, Anda pasti tahu ada beragam produk kesehatan yang menjadikan madu sebagai bahan baku utama. Hal ini wajar, mengingat madu memang memiliki sejumlah khasiat penting terutama bagi kesehatan tubuh. Beragam manfaat madu untuk kesehatan ini kami rangkum sebagai berikut:

  1. Menghalau kanker. Manfaat madu yang satu ini bersumber dari kandungan senyawa bernama flavanoid. Senyawa ini bekerjasama dengan zat anti-oksidan pada madu. Kombinasi keduanya sanggup menangkal radikal bebas dan menjauhkan manusia dari serangan kanker. Selain itu, kedua zat ini juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung.
  2. Senyawa bernama karsinogen yang ada pada madu sangat ampuh mencegah serangan tumor.
  3. Anda sering pilek, demam, dan serangkaian penyakit kecil lainnya? Boleh jadi kekebalan tubuh Anda lemah. Dengan mengkonsumsi madu, Anda bisa menambah daya imun secara alamiah sehingga Anda jauh lebih terproteksi dari penyakit.
  4. Madu telah lama dikenal sebagai salah satu sumber energi yang baik. Dengan mengkonsumsi madu (bersama telur), tubuh Anda akan mendapatkan sokongan energi yang akan meningkatkan stamina Anda. Tubuh dengan stamina kuat adalah ciri tubuh yang sehat.
  5. Mengkonsumsi madu akan membuat kulit Anda lebih kenyal dan tampak sehat. Mengapa? Madu mengandung sejumlah vitamin dan mineral. Keduanya sangat baik meningkatkan kualitas tubuh.
  6. Bagi Anda yang menderita obesitas, konsumsi madu sangat diannjurkan sebab gula sederhana yang ada di dalamnya akan membuat Anda kenyang tanoa harus menyumbangkan sejumlah lemak dalam tubuh Anda. Lemak yang menumpuk dalam tubuh adalah sumber penyakit.
  7. Madu memiliki sifat anti-bakteri, jika Anda terserang penyakit semacam radang tenggorokan, dengan mengkonsumsi madu maka penyakit Anda akan cepat tertanggulangi. Madu telah lama dikenal mampu memerangi mikroba penyebab radang pada tenggorokan. Biasanya untuk menghadapi penyakit ini, madu dicampur dengan air jeruk nipis dan kemudian dikonsumsi dengan takaran satu sendok makan.
  8. Sama seperti radang tenggorokan, konsumsi madu juga akan membantu meredakan penyakit diare.
  9. dll. 



 
Masih ada beragam manfaat madu untuk kesehatan. Tapi tak hanya sekedar untuk sehat, si ajaib madu juga ternyata merupakan sumber kecantikan alamiah. Hal ini telah dibuktikan ratu Cleopatra, berabad-abad silam. Madu memang ajaib! Selamat berburu madu ya.