Ketahui Manfaat Madu Untuk Wajah Cantik Anda

Banyak yang meyakini “Cantik itu mahal”. Terlebih di jaman modern seperti sekarang ini, asal ada uang, cantik akan mudah diraih. Hal tersebut tak sepenuhnya salah. Memang kecanggihan teknologi membawa dampak yang bagus pada dunia kecantikan. Ada beragam metode yang bisa memaksimalkan penampilan utamanya bagian kulit wajah. Tapi tahukah Anda bahwa sebagian besar metode tersebut menggunakan bahan-bahan kimia yang dalam kondisi tertentu justru akan membahayakan kesehatan Anda. Karena itu, sebagai konsumen, Anda tetap harus jeli dan cermat. Tidak semua metode kecantikan aman digunakan. Mencermati hal tersebut, tak ada salahnya berpaling pada kebaikan alam. Misalnya saja madu, ia sudah lama dikenal sebagai sumber kemolekan wanita sejak berabad-abad silam. Manfaat madu untuk wajah sudah dibuktikan wanita dalam rekam sejarah, sebut saja Cleopatra atau ratu Bilqis. Keduanya dikisahkan menggilai madu. Bagaimana dengan Anda?

Dahulu, manfaat madu untuk wajah mungkin hanya dikuatkan oleh cerita turun temurun. Bagi mereka yang terbiasa berpikir ilmiah, cerita saja tak akan cukup. Tentu perlu bukti yang lebih ilmiah. Tahukah Anda bahwa penelitian telah membuktikan madu memang menyimpan sejuta kebaikan utamanya bagi kulit wajah Anda. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa kompleks yang ada di dalamnya. Madu memang dikenal kaya akan karbohidrat sederhana, protein, sejumlah vitamin, sejumlah enzim dan masih banyak lagi lainnya.

Kendungan madu tersebut menjadikan ia sumber kecantikan yang baik. Manfaat madu untuk wajah Anda bukanlah isapan jempol semata. Adapun manfaat yang dimaksud, bisa disimak sebagai berikut:
  1. Mengaplikasikan madu secara teratur dan rutin di wajah akan menjadikannya lebih lembab, sebab kandungan vitamin pada madu akan membuat kemampuan wajah Anda mengunci air di lapisan kulit meningkat dua kali lipat.
  2. Sebagai anti-oksidan yang mampu mempertahankan keremajaan kulit Anda. Selain dioleskan langsung ke wajah, untuk menjaga kemudaan kulit, Anda bisa mengkonsumsi ramuan madu sebanyak 1 gelas per harinya. Kabarnya, minuman ini ampuh menyulap tampilan Anda jauh lebih muda dari usia Anda yang sebenarnya. Adapun ramuan yang dimaksud adalah 4 sendok makan madu asli dicampur dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk. Rebus campuran keduanya dengan 3 cangkir air. Selanjutnya diminum secara rutin dan teratur.
  3. Sebagai pembersih. Manfaat madu untuk wajah yang satu ini sudah lama diketahui banyak orang. Madu mengandung antiseptic, sehingga sangat baik untuk Anda gunakan membersihkan wajah Anda tanpa membuat wajah Anda kehilangan kelembabannya. Caranya mudah, cukup sampurkan 1 sendok makan madu asli dengan sedikit bubuk susu. Kemudian aplikasikan di wajah Anda dan setelahnya bilas dengan air hangat.
  4. Sebagai toner bagi kulit wajah. Madu juga bisa membuat kulit wajah Anda lebih kencang dan tentunya lembut layaknya fungsi toner. Caranya, campur madu dengan parutan kulit jeruk jenis apa saja. Selanjutnya aplikasikan di wajah Anda. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan kemudian dibersihkan dengan air hangat.
  5. Masker dengan madu adalah salah satu pilihan cantik dengan madu. Caranya cukup oleskan madu asli pada wajag Anda dan didiamkan selama kurang lebih 13 menit. Setelah itu bilas bersih dengan air dingin.
  6. Pembasmi jerawat. Bagi Anda yang wajahnya ditumbuhi jerawat bandel, madu merupakan obat yang manjur. Caranya cukup hangatkan madu dan oleskan pada bagian yang berjerawat. Setelah 30 menit, bersihkan dengan air dingin. Madu akan membuat bakteri di jerawat Anda hilang dan membantu meredakan radang jerawat sehingga tidak meninggalkan bekas di kulit wajah.
Manfaat madu untuk wajah ini bisa Anda peroleh jika Anda melakukan langkah perawatan secara rutin. Hasil baru akan terlihat kurang lebih setelah sebulan perawatan rutin. Pengobatan alamiah memang cukup lambat memperlihatkan hasilnya. Meski demikian, kesehatan Anda jauh lebih terjamin jika dibandingkan dengan kosmetika berbahan kimia. Selamat mencoba ya!