Manfaat Ajaib Madu Untuk Kulit

Manfaat madu untuk kulit
Kulit merupakan aset berharga bagi mereka yang menghargai kecantikan. Selain indentik dengan estetika, kulit juga erat dengan kondisi kesehatan tubuh seseorang. Kulit yang sehat merupakan penanda Anda juga sehat. Sayangnya, dengan berbagai macam tuntutan hidup, kondisi lingkungan dan semacamnya, sangat sulit untuk mendapatkan kulit yang terlihat sehat. Beberapa orang mempercayakan kulit mereka pada alat-alat dan juga bahan kimia. Memang kulit terlihat lebih terawat, tapi efek samping diam-diam mengintai Anda. Menyadari resiko tersebut, kini banyak yang beralih pada bahan alamiah. Salah satu sumber kencantikan kulit yang ada di lingkungan kita adalah madu. Manfaat madu untuk kulit ini telah dibuktikan banyak orang. Istimewanya, tak ada efek samping yang membahayakan kesehatan Anda. Bagaimanapun, cantik tetap harus sehat, bukan?

Sejak dahulu kala, madu telah dipercaya sebagai salah satu rahasia kecantikan para ratu. Kandungan senyawa di dalamnya memang terbukti membuat kulit (tubuh maupun wajah) jauh lebih sehat. Manfaat madu untuk kulit ini menjadikan ia salah satu item treatment yang selalu bisa ditemui di rumah-rumah kecantikan. Nah, karena mudah untuk mendapatkan madu, rasanya tak ada salahnya jika Anda melakukan perawatan kulit berbasis madu di rumah saja.

Supaya Anda termotivasi,berikut kami rangkum manfaat madu untuk kulit bagi Anda. Apa saja?
  1. Madu merupakan pelembab terbaik. Kandungan vitamin dan juga anti-oksidan di dalam madu akan meningkatkan kemampuan kulit Anda mengunci air di wilayah permukaan. Dengan demikian, kelembabannya akan terjaga dan terlihat lebih kenyal bercahaya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup mengoleskan madu ke permukaan kulit yang diinginkan. Diamkan beberapa saat dan kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan langkah ini minimal 2 kali dalam seminggu.
  2. Bagi Anda yang berkulit super kering, campurkan madu dengan pisang yang telah matang dan selanjutnya gunakan di wilayah kulit yang hendak dilembabkan. Lakukan juga 2 kali dalam seminggu.
  3. Bagi Anda yang tumit kakinya pecah, cobalah campurkan madu dengan susu hangat. Perbandingannya 1 banding 2. 1 gelas madu dan 2 gelas susu hangat. Masukkan dalam wadah seperti baskom. Kemudian rendam kaki Anda di dalamnya. Diamkan kurang lebih 15 menit sembari dipijat lembut. Setelahnya, bilas dengan air dingin.
  4. Manfaat madu untuk kulit lainnya adalah menghaluskan. Madu ini sama seperti body lotion. Tetapi madu jelas lebih alami. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda tinggal mencampurkan madu dengan minyak biji anggur dan juga air perasan lemon. Tambahkan pula minyak lavender jika Anda menyukai aromanya. Aduk semua bahan tersebut dan kemudian usap di seluruh tubuh Anda. Lakukan setiap hari seusai mandi.
  5. Madu sangat baik membersihkan kulit. Ia bersifat anti-mikroba plus menutrisi. Caranya, campurkan madu dengan serbuk gula, bisa juga serbuk biji almond dan gunakan untuk mengscrub wajah Anda. Ramuan ini bisa membersihkan make-up dan juga!
  6. Madu dikenal juga mampu menyegarkan kulit Anda. Caranya cukup mudah, campurkan beberapa sendok madu dengan cuka apel. Perbandingannya 5 : 1. Seletah itu oleskan pada wajah Anda minimal sekali dalam seminggu.
  7. Madu sangat baik mengobati luka bakar pada kulit Anda. Ia sering dijadikan pertolongan pertama pada luka bakar sebab madu mampu menyerap air di udara dan menjadikan luka sembuh dengan sendirinya. Madu juga diketahui mampu melindungi luka dari bakteri sehingga bebas dari ancaman infeksi.
  8. Madu berfungsi sebagai pengelupas sel kulit mati. Caranya dengan emncampur madu bersama bubuk outmeal atau gandum. Scrub wajah Anda menggunakan ramuan ini minimal sekali dalam seminggu.
  9. Madu dikenal sangat ampuh mengobati radang pada jerawat dan melenyapkan bekasnya. Caranya sangat sederhana, cukup oleskan madu pada bekas jerawat Anda. Bisa juga ditambahkan dengan bubuk kayu manis agar khasitnya lebih terlihat.
  10. Manfaat madu untuk kulit ini tak hanya bisa didapatkan dari luar tetapi juga dari dalam. Carnaya cukup dengan mengkonsumsi madu secara rutin maka kesehatan dan keremajaan kulit Anda akan senantiasa terjaga. Madu mengandung banyak senyawa yang mampu mendorong regenerasi sel lebih optimal.