Sejuta Manfaat Propolis

manfaat propolis
Propolis dikenal juga dengan nama lem lebah. Pemberian tersebut didasarkan pada bentuk propolis itu sendiri yang serupa lem mengeras. Namun dari fungsi, propolis jelas bukan lem. Lebah memproduksi propolis dari getah pepohonan dan juga pucuk dedaunan muda yang kemudian bercampur dengan air liurnya. Menurut sejumlah penelitian, di dalam air liur lebah tersebut terdapat enzim tertentu yang kemudian menjadikan propolis sebagai disinfektan terbaik di alam. Ia mampu menghalau serangan mikroba seperti virus dan bakteri sehingga sarang lebah tetap steril. Dengan demikian, bisa kita simpulkan bahawa manfaat propolis bagi lebah adalah melindungi sang ratu, telur, bayi lebah dan juga madu. Lantas, jika propolis bisa melindungi sarang lebah, apakah ia juga ampuh bagi manusia?


Ditemukannya Bangkai Tikus


Boleh jadi, keajaiban propolis mulai terendus saat seseorang menemukan seekor tikus yang telah mati selama 5 tahun di dalam sarang lebah. Ajaibnya, meski telah meninggal dalam kurun waktu yang lama, sang tikus sama sekali tidak mengalami pembusukan yang lazim terjadi pada jasad renik. Mengapa? Sebab di dalam sarang lebah, tak ada bakteri serta virus yang mampu masuk sebab dilindungi oleh propolis. Hal ini kemudian yang membuat orang mempercayai manfaat propolis juga nyata bagi manusia sebab tikus selama ini memang merupakan hewan uji coba, jika aman bagi tikus maka aman pula bagi manusia. Demikian sebaliknya.

1001 Manfaat Propolis

Meski pada mulanya manfaat propolis hanya didasarkan pada asumsi, namun semakin ke sini, kajian ilmiah mengenai propolis telah ikut membuka mata dunia. Kandungan propolis yang kompleks merupakan sumber manfaatnya, antara lain:
  1. Penelitian yang dilakukan oleh The Natural Heart and Lung Institute yang bermarkas di London menemukan fakta bahwa propolis mengandug senyawa bernama bioflavanoid yang bisa menghancurkan bakteri dan sejumlah virus yang kebal terhadap senyawa disinfektan lainnya. Dengan demikian, segala sesuatu yang terkait dengan bakteri dan virus bisa diatasi dengan propolis.
  2. Propolis diketahui mengandung senyawa bernama Artepilin C. Ia merupakan anti-oksidan yang sangat baik dalam melumpuhkan pertumbuhan sel kanker dan juga Tumor.
  3. Propolis mengandung semua jenis vitamin yang ada kecuali jenis vitamin K. Dengan demikian, ia sangat baik dalam memelihara kesegaran tubuh, regenerasi sel dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Propolis mengandung semua jenis mineral penting kecuali sulfur. Hal ini berarti ia juga sangat baik menjaga tekanan darah, membersihkan darah, menguatkan tulang dan lain-lain.
  5. Manfaat propolis lainnya adalah mampu menyembuhkan luka dalam waktu yang terbilang singkat serta melindunginya dari infeksi virus pun bakteri. Bagi remaja, propolis juga sangat baik melenyapkan jerawat batu sekalipun.
  6. Kabarnya, propolis juga sangat baik dalam membantu hidup mereka yang terkena penyakit diabetes mellitus. Konsumsi propolis akan meningkatkan sel-sel di dalam organ pankreas sehingga ia akan menghasilkan insulin yang pada akhirnya akan menyeimbangkan kadar gula di dalam darah manusia.
  7. Propolis sangat baik memerangi H pilori yang menyebabkan penyakit maag, ia juga sangat baik membunuh bakteri E-coli yang menjadi biang diare dan juga sangat baik membunuh bakteri salmonella typhosa yang merupakan biang penyakit tipus.
  8. Manfaat propolis lainnya adalah meredakan gangguan pernafasan dan juga saraf. Kabarnya, mereka yang mengkonsumsi propolis bisa menghindari stress sebab senyawa di dalam lem lebah ini bisa menekan syaraf parasimpatis yang merupakan biang depresi.
  9. Manfaat propolis lainnya adalah untuk meringankan gejala penyakit pernafasan seperti TBC dll.
  10. Propolis juga merupakan sumber nutrisi terbaik yang sanggup memelihara sel tubuh Anda sehingga Anda akan terlihat awet muda.
Jika didasarkan pada pendapat para ahli, maka manfaat propolis adalah sebagai berikut:
  1. Menurut John Diamond MD, jika kita mengkonsumsi propolis maka kelenjar Thymus di dalam tubuh akan bekerja dengan baik dan berimbas pada kualitas sistem imun yang semakin meningkat.
  2. Sementara itu Profesor Arnold Becket berpendapat bahwa propolis bisa menyembuhkan penyakit yang tak hanya disebabkan oleh virus dan bakteri tetapi juga oleh jamur.
  3. Ray Kupinsel menemukan fakta bahwa propolis bisa menjadi anti-biotik alami yang bisa melawan sejumlah penyakit tanpa menimbulkan efek samping sedikit pun.
  4. Lain lagi dengan tim peneliti dari Rusia, mereka menyatakan bahwa di dalam propolis tak hanya dijumpai zat anti-biotik tetapi juga zat anti viral, vitamin, sejumlah asam amino, mineral dan komponen lain yang sangat baik bagi penyakit oral juga tenggorokan.
  5. Terakhir, Dr. Fang Chu dari Tiongkok menyatakan bahwa propolis sangat baik untuk menetralisir penyakit yang terkait dengan kadar lemak jahat yang tinggi di dalam darah manusia.Lebih lanjut ia juga berpendapat bahwa salah satu manfaat propolis adalah menjaga kesehatan jantung manusia.