Mengurai Kandungan Lengkap Propolis

kandungan propolis
Bukan rahasia lagi, propolis atau lem lebah memang memiliki sejumlah khasiat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Ada banyak penelitian medis di berbagai negara yang menguatkan hal tersebut. Pada mulanya khasiat propolis memang hanya didukung klaim sejaran mengenai keberhasilan nenek moyang kita menjadikannya peyembuh. Namun seiring dengan pemakaiannya yang terus meningkat, akhirnya para ahli terdorong untuk mengkaji propolis lebih lanjut dari kacamata ilmiah. Hasil penelitian tersebut kemudian mengurai secara lengkap kandungan propolis. Senyawa yang terkandung dalam propolis tersebut merupakan sumber beragam khasiatnya. Apa saja? Simak uraian berikut ini.

Sejumlah Senyawa Di Balik Khasiat Propolis


Propolis terbukti sebagai antiseptik alami yang bisa membantu manusia mempertahankan kesehatan sel-sel di dalam tubuhnya. Dengan sehatnya sel-sel tersebut maka manusia bisa hidup lebih seimbang dan juga sehat. Manfaat luar biasa propolis ini bersumber dari sejumlah senyawa yang tersimpan di dalamnya. Adapun kandungan propolis antara lain sebagai berikut:
  1. Propolis mengandung semua jenis vitamin kecuali Vit. K.
  2. Ia teridiri atas semua jenis mineral penting yang diperlukan oleh tubuh, kecuali zat sulfur.
  3. Propolis tersusun atas enam belas asam amino esensial yang diketahui sangat penting dalam membantu proses regenerasi kulit kita.
  4. Kandungan propolis lainnya adalah Bioflavanoid, yakni suatu zat yang bersifat antioksidan dan dianggap sebagai suplemen sel. Berdasarkan kajian ilmiah, Bioflavanoid dari setetes propolis setara dengan bioflavanoid yang dihasilkan kurang lebih 500 buah jeruk! Wow
Dengan melihat kandungan propolis yang dijabarkan di atas, kita bisa memahami dari mana 1001 manfaatnya bersumber. Ada segelintir orang yang berpendapat bahwa propolis juga memiliki efek samping sebab daun-daun atau nektar yang dihisapnya terkontaminasi dengan zat seperti pestisida. Umumnya propolis yang mereka maksud adalah propolis dari lebah yang ditangkarkan. Namun, berdasarkan penelitian lanjutan, diketemukan fakta bahwa propolis tersebut telah dinetralisir oleh sistem tubuh lebah sehingga bersih dari senyawa racun dan aman dikonsumsi dalam rangka penyembuhan.